oleh

Kini Samsat Makassar Buka Hingga pukul 10 Malam

reportaseinti.com – Dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan Samsat, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel membuka pelayanan hingga malam hari mulai Rabu 26 Oktober hingga 31 Desember 2018 mulai pukul 08.00-22.00 Wita.

Untuk sementara, Samsat Begadang hadir di Drive Thru di Samsat Pettarani Jalan AP Pettarani Makassar dan di Kedai Samsat Lapangan Hertasning di Jalan Let Jen Hertasning Makassar. Disebut Samsat blBegadang karena pelayanan dilakukan hingga larut malam.

Kepala Bapenda Sulsel Drs H. Tautoto TR, M.Si, mengatakan, samsat membuka pelayanan hingga pukul 22.00 Wita malam atas masukan sejumlah pihak utamanya pelanggan samsat yang bekerja pada siang hari.

“Kami banyak menerima masukan dari pelanggan samsat agar membuka hingga malam. Suasana malam di Makassar cukup ramai oleh orang yang baru pulang kantor, kami berharap mereka memanfaatkan layanan ekstra ini dengan membayar di samsat drive thru dan kedai samsat hertasning,” ujar Toto, sapaan Pj Sekda Sulsel ini.

Tidak hanya itu, ia menambahkan, ini merupakan salah satu inovasi yang dilakukan Bapenda Sulsel menanggapi masukan pelanggan samsat.

“Kami sudah mempunyai banyak inovasi, antara lain, pembayaran pajak nontunai melalui ATM dan EDC, pembayaran pajak di kantor lurah, door to door atau mendatangi rumah pelanggan samsat, samsat care yakni mendatangi pelanggan yang sakit, serta inovasi lainnya,” ujarnya.

Selain bertugas di malam hari, pasa siang hari petugas samsat aktif melakukan penertiban pajak kendaraan bermotor (PKB) di seluruh Sulsel yang bekerjasama dengan Polantas Polda Sulsel.

“Dalam beberapa hari ke depan kami akan menggelar penertiban PKB untuk mengingatkan pelanggan samsat agar membayar pajak tepat waktu. Saat penertiban kami menghadirkan samsat keliling untuk melayani pelanggan samsat yang ingin membayar pajak di lokasi penertiban,” katanya.

Ditambahkan Kepala Bidang PAD Darmayani Mansyur, berharap masyarakat ikut menyebarluaskan informasi terkait bertambahnya jam operasional samsat hingga pukul 22.00 ini agar diketahui banyak orang.

“Yang perlu diketahui adalah Samsat Drive Thru Pettarani dan Kedai Samsat di Lapangan Hertasning hanya melayani pengesahan STNK atau pajak tahunan. Sedangkan untuk pembayaran pajak atau penggantian STNK tetap harus dilakukan di Samsat Stasioner tempat kendaraan tersebut terdaftar,” ujarnya.

Ia menambahkan, Samsat Begadang ini hanya melayani pembayaran pajak kendaraan pribadi yang terdaftar di seluruh kab/kota se-Sulawesi Selatan, tidak melayani pembayaran pajak kendaran angkutan umum dan kendaraan dinas.

“Kami berharap dengan dibukanya samsat hingga malam, tidak ada lagi masyarakat yang malas membayar pajak. Karena pada saat pulang kantor, atau pada saat keluar makan malam bersama keluarga, Anda dapat mampir di drive thru pettarani untuk membayar pajak, tanpa perlu turun dari kendaraan Anda,” tambahnya.

Ilham, salah seorang pelanggan samsat di Makassar mengaku kagum dengan berbagai inovasi yang dilakukan Bapenda Sulsel.

“Saya membaca di sosmed, saya baru tahu ternyata Bapenda Sulsel membuka samsat begadang di samsat Petta Rani dan di Lapangan Hertasning. Saya membantu membagikan informasi tersebut karena saya menilai penting,” katanya mengomentari sosmed Bapenda.(*)

News Feed